Picture
Toycamera Analog Color adalah sebuah aplikasi editing besar foto yang memungkinkan Anda untuk mengubah gambar digital untuk-seperti gambar analog, tetapi juga memungkinkan Anda menambahkan gaya bingkai Polaroid. Software ini cocok bagi anda yang suka mengedit photo, terutama dalam memainakn efek warna.

 
Picture
Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.

Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).

Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. Setelah mendapat ukuran pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed), diafragma (Aperture), dan kecepatan rana (speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma & Speed disebut sebagai pajanan (exposure).

Di era fotografi digital dimana film tidak digunakan, maka kecepatan film yang semula digunakan berkembang menjadi Digital ISO.

Kronologi perkembangan fotografi dimulai dengan:

Foto Heliografi dengan subyek pemandangan yang pertama dibuat oleh Joseph Nicéphore Niépce pada tahun 1826.[1] Boulevard du Temple, foto Daguerreotype pertama yang dibuat oleh Daguerre pada sekitar tahun 1838-1839 Citra berwarna yang pertama, Maxwell, 1861 Foto berwarna yang pertama dibuat oleh Louis Ducos du Hauron pada tahun 1877. High speed photography, Muybridge, 1878 Citra hasil pemindaian komputer digital, 1957

 
Picture
_
Tahukan anda tentang kamera Polaroid SX-70, Polaroid 600 atau kamera Holga dan sede­ratan kamera jadul-jadul tersebut ? Jenis-jenis kamera tersebut bukanlah kamera DSLR canggih masa kini atau SLR analog, melainkan kamera instan yang begitu rana kita tekan kertas foto langsung keluar dan gambar dapat dilihat setelah dikeringkan beberapa menit. Pernahkah anda membayangkan memotret menggunakan kamera Holga dengan film Ektachrome yang kemudian dilakukan Cross-Processed saat memproses film untuk mendapatkan efek Lomo-Fi Filter. Menggunakan Holgaroid dengan film Polaroid 80 Chocolate untuk mendapat efek Sutro Filter atau Lomo LC-A+ dengan film Velvia 50 untuk mendapatkan efek X-Pro II Filter?Bisa anda bayangkan sungguh bukan main repotnya! Namun saat ini hal itu dapat teratasi dengan adanya teknologi yang bernama Instagram. Sebuah teknologi yang sepuluh tahun lalu sangat sulit dibayangkan akan terwujud. Berbagai macam jenis kamera dan film dalam satu device kecil nan ringan bernama iPhone dengan aplikasi Instagram.Instagram adalah sebuah aplikasi ponsel iPhone (juga di iPad dan iPod touch) yang bisa melakukan banyak model pemfilteran terhadap foto-foto dengan sangat mudah, hanya dengan satu sentuhan jari, sekaligus bisa membaginya kepada teman-teman yang sekarang bernama followers. Begitu menariknya aplikasi ini, sehing­ga dalam 13 bulan saja lebih dari 13 juta orang di dunia menggunakannya dan berbagi kehidupannya, lewat gambar, kepada du­nia. Sebuah kegairahan yang luar biasa dengan lebih dari 150 juta foto telah di-upload sejak diluncurkannya aplikasi ini, 6 Oktober 2010. Barangkali sensasinya hampir sama ketika Eastman Kodak menghadirkan Brownie di tahun 1900-an, yang begitu diminati dan membuat orang awam seketika jatuh cinta dengan fotografi.Instagram bersama iPhone serasa memberikan suasana baru akan kecintaan terhadap dunia fotografi praktis. Menjadikan memotret dan foto sebagai sesuatu yang menye­nangkan sekaligus menghibur.